Prediksi Barcelona vs Real Madrid: Pertarungan Tanpa Dua Jenderal

JawaPos.com – Untuk kali pertama dalam satu dekade terakhir, fokus El Clasico tak lagi kepada dua pemain terbaik dunia saat ini: Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Ya, laga panas antara dua arch rival Barcelona vs Real Madrid pada Minggu (29/10) malam nanti tak akan dihiasi oleh kedua pemain megabintang tersebut.

Ronaldo telah meninggalkan Madrid pada bursa transfer musim panas lalu. Dia memilih melanjutkan perjalanan karirnya bersama Juventus. Sementara Messi urung tampil karena mendapat cedera di tangannya hingga harus absen selama tiga pekan.

barcelonaBarcelona punya tren lebih baik dibanding Real Madrid. (Josep Lago/AFP)

Pertanyaannya, formasi apa yang digunakan dua entrenador di laga panas nanti? Melihat tren musim ini, pakem 4-3-3 sangat mungkin diterapkan kedua pelatih pada laga yang akan dihelat di Stadion Camp Nou nanti malam.

Bila sama-sama menerapkan 4-3-3, maka dipastikan trisula kedua tim adalah alternatif seiring absennya Messi dan CR7. Tetapi, komposisi trisula kedua tim juga kurang paten musim ini.

Di Barca, yang paten hanya duet Messi-Luis Suarez. Sedangkan posisi winger atau penyerang kiri diisi bergantian oleh Ousmane Dembele, Malcom, dan Philippe Coutinho. Itu belum termasuk Munir El Haddadi dan Rafinha yang juga beberapa kali dipercaya mengisi satu pos di lini depan. Total, pemain yang pernah dijajal di lini depan hingga jornada kesembilan telah mengemas 15 gol.

Di kubu Madrid, trio BBA (Bale-Benzema-Asensio) juga tidak terlalu mantap. Asensio yang digadang-gadang sebagai suksesor CR7 nyatanya masih kerap digantikan Isco, Vinicius Jr, Mariano Diaz, dan Lucas Vazquez. Lini depan Real memiliki produktivitas lebih rendah di La Liga, hanya mengoleksi 9 gol.

Apalagi, moral Los Merengues juga tidak dalam kondisi terbaik setelah dalam enam laga terakhir di semua ajang hanya menang sekali. Itu pun hanya dengan skor 2-1 saat melawan Viktoria Plzen pada matchday 3 fase grup Liga Champions (24/10).

Performa itulah yang membuat posisi Julen Lopetegui makin goyang jelang El Clasico nanti. Seri, apalagi kalah, sangat mungkin surat PHK dari presiden Florentino Perez segera diterimanya. Andai kalah, maka posisi Los Blancos bisa terjerembab ke peringkat 10. Namun jika menang, maka selisih poin mereka dengan Barca menjadi satu saja.

”Semakin mereka (Madrid) terluka maka semakin berbahaya. Saya mengharapkan penampilan terbaik dari Real Madrid besok (malam ini, Red),” ucap pelatih Barcelona, Ernesto Valverde seperti dilansir Marca.

Nah, menarik dinanti, siapa yang dipilih Valverde untuk satu pos di lini depan menggantikan Messi. Bila merujuk kepada penampilan kontra Inter Milan pada matchday 3 fase grup Liga Champions (25/10), maka Rafinha Alcantara punya peluang cukup besar.

Adik gelandang Bayern Muenchen Thiago Alcantara itu menyumbang satu gol dalam kemenangan 2-0 Barca atas Inter. Dipasangnya Rafinha juga menguntungkan Barca saat harus transisi ke 4-4-2 karena posisi aslinya memang gelandang.

Namun, bila Valverde menginginkan lini depan lebih eksplosif, maka dia bisa beralih ke Dembele. Bila penyerang Timnas Trancis itu yang jadi starter, maka sangat mungkin dia lebih banyak beroperasi di sisi kiri Barca dan berhadapan langsung dengan bek kanan Real yang sangat mungkin diisi Nacho Fernandez.

Nacho yang tidak selincah Daniel Carvajal jelas jadi handicap bagi Madrid. Area main Dembele juga bisa switch ke sisi kanan bergantian dengan Philippe Coutinho. Namun, yang membuat Dembele diragukan jadi starter adalah performanya yang angin-anginan dan kerap egois. Seperti saat Barca menang 2-0 atas Sevilla (21/10).

Problem serupa juga berlaku bagi Lopetegui. Untuk winger kiri, dia masih belum menentukan pilihan antara Isco atau Asensio. Untuk keseimbangan, Isco sudah pasti lebih efektif karena dia bisa berguna saat beralih ke 4-4-2.

Namun, untuk efektivitas serangan, Asensio lebih diutamakan. Apalagi, Barca juga masih krisis lini belakang seiring masih cederanya Samuel Umtiti dan Thomas Vermaelen.

Dengan segala kondisi yang menghinggapi Madrid, Barcelona seperti dimudahkan untuk mempersembahkan kemenangan di hadapan suporter mereka yang pasti memadati Camp Nou. Namun, seperti halnya laga El Clasico, status tuan rumah bukan jaminan. Barcelona butuh kerja keras untuk bisa memenangkan laga panas ini.

5 Pertemuan Terakhir
07/05/18: Barcelona 2-2 Real Madrid
23/12/17: Real Madrid 0-3 Barcelona
17/08/17: Real Madrid 2-0 Barcelona
14/08/17: Barcelona 1-3 Real Madrid
30/07/17: Real Madrid 2-3 Barcelona

5 Pertandingan Terakhir Barcelona
25/10/18: Barcelona 2-0 Inter Milan
21/10/18: Barcelona 4-2 Sevilla
08/10/18: Valencia 1-1 Barcelona
04/10/18: Tottenham Hotspur 2-4 Barcelona
29/09/18: Barcelona 1-1 Athletic Bilbao

5 Pertandingan Terakhir Madrid
24/10/18: Madrid 2-1 Viktoria Plzen
20/10/18: Madrid 1-2 Levante
06/10/18: Deportivo Alavés 1-0 Madrid
03/10/18: CSKA Moskwa 1-0 Madrid
30/09/18: Madrid 0-0 Atlético Madrid

Perkiraan Pemain

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Roberto, Pique, Lenglet, Alba; Arthur, Busquets, Rakitic; Rafinha, Suarez, Coutinho
Pelatih: Ernesto Valverde

Real Madrid (4-3-3): Courtois; Nacho, Ramos, Varane, Marcelo; Kroos, Casemiro, Modric; Bale, Benzema, Isco
Pelatih: Julen Lopetegui

Prediksi JawaPos.com
Barcelona menang: 45%
Madrid menang: 35%
Imbang: 20%

(jpg/adw/JPC)