Di Sirkuit Baku, Leclerc akui strategi tim tak berjalan baik

Jelas hari ini tidak ideal tapi lebih karena strategi yang merugikan kami

Jakarta (ANTARA) – Pebalap Ferrari Charles Leclerc mengaku jika strategi yang diterapkan tim kurang berjalan baik ketika turun di balapan GP Azerbaijan, Sirkuit Baku, Minggu.

Leclerc yang start dari P8 dengan kompon ban medium finis kelima dengan dua strategi pit stop, demikian laman resmi Formula 1 pada Senin pagi.

Ferrari memilih melakukan strategi jarak panjang dengan ban medium bagi sang pebalap berusia 21 tahun asal Monako itu di kala pebalap lain mengawali balapan dengan ban kompon lunak (soft).

Leclerc yang bertahan dengan bannya memimpin lomba di lap ke-13 di kala pebalap di barisan depan melakukan pitstop.

Pada lap ke-32 rival seperti Valtteri Bottas dan Lewis Hamilton dari Mercedes, yang memperkecil jarak dengan ban yang lebih baru, menyalip sang pebalap muda Ferrari untuk meraih kembali pimpinan lomba.

Leclerc kemudian melakukan pit stop di lap ke-35 dan kembali ke trek di P5 di belakang pebalap Red Bull Racing Max Verstappen.

“Jujur aku rasa ada alasan untuk itu. Aku perlu terlebih dahulu melihat data sebelum membuat komentar,” kata Leclerc ketika ditanya kenapa tidak masuk pit lebih awal.

Baca juga:Mercedes cetak sejarah rengkuh dua posisi terdepan empat kali beruntun

Pebalap asal Monako itu harus melakukan pitsop kedua tiga lap menjelang akhir balapan, mengganti ban soft baru untuk mengejar poin dari waktu putaran tercepat di balapan yang berhasil diraihnya di putaran terakhir.

“Aku sebenarnya bertanya apakah ada kemungkinan bagi kami untuk bangkit, dan mereka bilang tidak ada. jadi dari situ tidak perlu lagi menekan untuk mengejar mereka, tapi mencoba untuk menjaga ban dan melakukan waktu putaran tercepat saat aku memiliki kesempatan.”

Leclerc menekankan jika strategi yang mereka terapkan tidak berjalan baik hari itu, dan dia kembali menyalahkan dirinya sendiri yang melakukan kesalahan di babak kualifikasi. Mobil Lecrec menabrak pembatas Tikungan 8 yang sempit dan gagal memperbaiki catatan waktunya.

Padahal rekan satu tim Sebastian Vettel itu memiliki peluang mengunci pole position setelah tampil sebagai yang tercepat di sesi latihan bebas hari sebelumnya.

“Jelas hari ini tidak ideal tapi lebih karena strategi yang merugikan kami. Hari ini bisa menjadi balapan yang sangat positif, jujur tidak ada masalah dengan Ferrari, hanya diriku sendiri kemarin.”

Finis kelima ditambah satu poin tambahan sebagai pebalap dengan waktu lap tercepat, Leclerc kini berada di peringkat lima klasemen pebalap sementara dengan 47 poin, terpaut empat poin di belakang pebalap Red Bull Racing Max Verstappen dan lima poin dari Sebastian Vettel.

Baca juga:Ricciardo diganjar hukuman mundur tiga posisi start di Barcelona

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019