Dovizioso tercepat di FP1 GP Austria

Jakarta (ANTARA) – Andrea Dovizioso (Ducati Team) mencatatkan waktu tercepat di sesi latihan bebas FP1 GP Austria, Red Bull Ring, Spielberg, Jumat.

Pebalap asal Italia itu mencatatkan waktu satu menit 24,033 detik di lap terakhirnya atau cukup cepat 0,185 detik untuk menggeser Marc Marquez (Repsol Honda) ke peringkat dua, demikian laman resmi MotoGP.

Marquez sebelumnya memimpin catatan waktu di sesi latihan pagi itu dan tak ada pebalap yang mampu mendekatinya lebih dari 0,5 detik hingga Miller mencatatkan waktu 0,432 detik lebih lambat dari sang pebalap Spanyol dengan 15 menit waktu tersisa.

Viñales menjadi saingan terdekat Marquez di 10 menit terakhir, namun di dua menit tersisa ban dari para pebalap sudah menyerah untuk dipaksa lebih cepat hingga Dovi menempel dengan jarak 0,036 detik menggunakan kombinasi ban soft-soft.

Dovi menyerang di lap terakhir untuk waktu tercepat sementara Marquez tetap di peringkat dua tanpa berganti ban baru.

Baca juga:Ducati incar kemenangan keempat di Austria

Baca juga:Beredar rumor Lorenzo balik ke Ducati, para pebalap beri tanggapan

Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) menjadi pebalap Yamaha tercepat di peringkat tiga dengan selisih 0,327 dari Dovi. Sementara rekan satu timnya, Valentino Rossi finis P5 di belakang Jack Miller (Pramac Racing).

Pebalap rookie sensasional musim ini Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) menjadi pebalap Yamaha ketiga di peringkat enam besar sedangkan Alex Rins (Suzuki Ecstar) turun sebagai satu-satunya pebalap Suzuki, menyusul belum pulihnya Joan Mir, untuk finis P7 mengungguli Johann Zarco (REd Bull KTM Factory Racing) di P8.

Juara dunia Moto2 dua kali itu mengungguli Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) dan Miguel Oliviera (Red Bull KTM Tech 3) di peringkat 10 besar.

Pebalap KTM lainnya, Hafizh Syahrin (Red Bull KTM Tech 3) terjatuh di tikungan kedua terakhir jelang finis dan harus dilarikan ke pusat medis untuk pemeriksaan.

Sekitar 0,9 detik memisahkan 13 pebalap teratas di sesi latihan pagi tersebut. Sesi FP2 akan digelar pukul 14:10 waktu setempat atau 19:10 WIB

10 waktu terbaik FP1
1. Andrea Dovizioso (Ducati Team) – 1:24,033
2. Marc Marquez (Repsol Honda Team) + 0,185
3. Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 0,247
4. Jack Miller (Pramac Racing) + 0,327
5. Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 0,436
6. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) + 0,438
7. Alex Rins (Team Suzuki Ecstar) + 0,543
8. Johann Zarco (Red Bull KTM Factory Racing) + 0,637
9. Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) + 0,828
10. Miguel Oliveira (Red Bull KTM Tech 3) + 0,891

Baca juga:Quartararo bersiap hadapi pekan berat di Austria

Baca juga:Joan Mir absen di GP Austria

Pengamanan khusus untuk pembangunan sirkuit MotoGP

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019