Enduro Championship Sumbar tawarkan sensasi kerasnya trek dan wisata

Jakarta (ANTARA) – Kejuaraan sepeda gunung Enduro Championship (Indurocs) seri 5 di Kayu Kolek, Payakumbuh, Sumatra Barat (Sumbar), 24-25 Agustus bakal menawarkan sensasi kerasnya trek balapan serta wisata alam yang mempesona.

“Peserta akan dapat dua. Balapan dan menikmati wisata alam di Payakumbuh (Kayu Kolek) maupun Limapuluh kota (Lembah Harau). Harapan kami dari Sumbar muncul bibit-bibit potensial,” kata Chief Marketing Indurocs Ibnu Rusdian di Jakarta, Sabtu.

Menurut dia, trek yang bakal dilalui oleh peserta cukup menantang dan variatif. Terdapat turunan yang cukup panjang hingga tanjakan yang bakal menguras tenaga pengila sepeda gunung di Indonesia maupun dari manca negara. Total panjang trek 3,5 km.

Meski kejuaraan digelar di Sumbar pihaknya optimistis jumlah peserta tidak jauh berbeda jika kejuaraan digelar di Jawa dan Bali. Ibnu menjelaskan peminat sepeda gunung saat ini terus mengalami peningkatan sehingga pihaknya tidak begitu merisaukan.

“Pengalaman kami menggelar kejuaraan, pesertanya antara 350 hingga 400 orang per seri. Saat ini jumlah pendaftar untuk seri 5 sudah masuk angka ratusan,” kata Ibnu menambahkan.

Khusus untuk peserta lokal berdasarkan catatan yang ada berasal dari berbagai daerah. Untuk Sumatra selain dari Sumatra Barat juga berasal dari Jambi, Riau hingga Sumatra Selatan. Untuk dari Jawa seperti dari DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat maupun Banten.

“Untuk dari luar negeri biasanya dari Singapura, Malaysia, Thailand, Brazil dan bahkan ada yang dari Inggris,” katanya menegaskan.

Sementara itu salah satu pebalap andalan Indonesia pada Enduro Championship seri 5, Aji mengaku sudah tidak sabar untuk merasakan beratnya trek di Kayu Kolek. Apalagi dirinya mempunyai modal bagus setelah naik podium pertama di seri sebelumnya.

“Harapan saya bisa baik podium lagi. Hasil di KTH memang menjadi motivasi saya untuk tampil bagus,” kata Aji dengan tersenyum.

Enduro Championship seri 5 ini akan menjadi race penutup jelang event kualifikasi Enduro World Series (EWSQ) yang rencananya berlangsung di Bali pada November. Untuk itu Kayu Kolek akan dikemas secara lebih spesial.

Ajang balap sepeda dongkrak wisata Kuningan

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2019