Fakta dan Statistik GP Jerman

Jakarta (ANTARA) – Marc Marquez (Repsol Honda) akan start dari pole position untuk kali kesepuluh secara beruntun di Sirkuit Sachsenring pada balapan GP Jerman, Minggu.

Pebalap asal Spanyol itu dibayangi pebalap rookie Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) di P2.

Berikut ini sejumlah fakta dan statistik GP Jerman seperti dilansir laman resmi MotoGP.

1. Marquez meraih pole position ke sepuluh kali secara beruntun di Sachsenring, tujuh di antaranya di kelas premier.

2. Marquez akan mengincar kemenangan ke sepuluh secara beruntun di trek tersebut, dan ketujuh kalinya di kelas MotoGP untuk menyamai rekor kemenangan di satu trek di kelas premier yang dipegang oleh Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) di Sirkuit Mugello.

3. Ini merupakan pole position ke-57 Marquez dari 117 startnya di kelas premier, juga pole position ke-85 sepanjang karirnya di balapan Grand Prix.

4. Fabio Quartararo mengunci posisi start kedua dan menjadi pebalap Yamaha terdepan dan pebalap tim satelit tercepat. Ini merupakan posisi start dari baris terdepan untuk keempat kalinya secara beruntun baginya sejak Italia, dan kali kelimanya musim ini.

Baca juga:Quartararo alami dislokasi bahu kiri usai insiden di FP3 GP Jerman

5. Maverick ViƱales (Monster Energy Yamaha MotoGP), yang finis P3 tahun lalu di Jerman, melengkapi baris terdepan start, yang merupakan start dari baris terdepan untuk kali keempatnya musim ini.

6. Jack Miller (Pramac Racing) menjadi pebalap Ducati tercepat di posisi start kelima.

7. Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol) mengunci P6 di kualifikasi untuk kali kelimanya tahun ini dan untuk kedua kali secara beruntun.

8. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT), yang melewatkan balapan MotoGP pertamanya di Sachsenring karena cedera, akan start dari P7, kali keempatnya musim ini dia gagal mengamankan posisi start dari baris kedua terdepan.

9. Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing) akan start dari P8, hasil terbaik bagi KTM di kualifikasi sejak P5 di Austin tahun lalu.

10. Setelah mengalami kecelakaan di Q1, Valentino Rossi mendapati hasil start terburuknya di Sachsenring yaitu di P11 sejak terakhir kali di P16 ketika menjadi pebalap Ducati pada 2011. Ini merupakan kali keenam bagi Rossi lolos dari Q1 ke Q2.

Baca juga:Yamaha siap tebar ancaman di GP Jerman
Baca juga:Marquez ungguli Quartararo untuk raih pole position GP Jerman