Hamilton kembali ke puncak usai juarai GP Spanyol

Jakarta (ANTARA) – Pebalap Mercedes Lewis Hamilton kembali ke puncak klasemen pebalap setelah menjadi yang tercepat di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Minggu.

Pebalap asal Inggris itu, yang menjuarai GP Spanyol 2017 dan 2018, kembali mengulangi kesuksesannya tahun ini dengan finis pertama, mengungguli rekan satu timnya, Valtteri Bottas dengan selisih 4,074 detik, demikian laman resmi Formula 1.

Hamilton, yang juga meraih kemenangan keempatnya di GP Spanyol, membuktikan omongannya untuk tidak memberikan ruang bagi rekan satu timnya, Valtteri Bottas ketika start.

Bottas, peraih pole position, mengulangi start yang buruk sehingga Hamilton dari P2 melesat ke depan untuk memimpin lomba.

Dengan strategi dua pitstop dan ban soft di akhir lomba, pebalap asal Inggris itu meraup poin penuh ditambah satu poin tambahan karena mencetak waktu tercepat di balapan.

Max Verstappen finis ketiga dengan mobil Red Bull bermesin Honda untuk mengungguli dua pebalap Ferrari, Sebastian Vettel di P4 dan Charles Leclerc di P5.

Dengan hasil tersebut, Hamilton kini mengemas total 112 poin dan menggeser Bottas dari pimpinan klasemen pebalap ke peringkat dua dengan selisih tujuh poin.

Verstappen naik ke peringkat tiga dengan 66 poin, unggul dua poin dari Vettel, diikuti Leclerc di peringkat lima dengan 57 poin.

Dengan kemenangan itu pula, Mercedes memperbaiki rekor mereka dengan finis 1-2 untuk kali kelima secara beruntun musim ini.

Baca juga: Mercedes dan Hamilton bahas kemungkinan pindah ke Ferrari
 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2019