Ikuti jejak orang tua, Rio Akbar ingin berwiraswasta

Jakarta (ANTARA) – Peraih gelar juara Indonesia BMX Nasional Championship 2019, Rio Akbar, terobsesi menjadi pengusaha konveksi untuk mengikuti jejak orang tuanya yang kini berprofesi wiraswasta di Bandung, Jawa Barat.

“Orang tua wiraswasta. Saya ingin bantu yang di rumah. Buka usaha di rumah. Kebetulan bapak dan ibu kerja di bengkel bubut,” kata Rio yang kini berstatus sebagai warga Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung.

Keinginan itu disampaikan Rio usai dinobatkan sebagai juara nasional kelas BMX Men Elite pada Indonesia BMX Nasional Championship 2019 yang berlangsung di Jakarta International BMX Track Pulomas, Jakarta, Minggu.

Menjadi pengusaha konveksi adalah keinginan Rio yang saat ini mulai memikirkan keberlangsungan karir selain atlet balap sepeda di usianya yang sudah menginjak 24 tahun.

Rio mengaku sedang menekuni bisnis konveksi untuk mendukung teman-temannya di tim sepeda BMX dengan desain produk pakaian yang dia buat.

“Saking senengnya main sepeda, jadi agak lupa juga masa depan. Tapi sekarang sudah kepikiran masa depan,” katanya.

Sambil menanti usaha konveksi bergulir, Rio juga mengutarakan keinginannya untuk menjadi seorang Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Teman-teman saya ada yang sudah ditawarkan jadi ASN oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga. Kalau sekarang saya diminta jadi ASN, hari ini juga saya mau,” katanya.

Peraih gelar juara Asia pada 2018, Kejuaraan BMX 2018 di Thailand, dan medali emas PON Jabar 2016 itu memastikan karir sebagai ASN tidak akan menghalanginya untuk meraih prestasi lanjutan kejuaraan BMX berikutnya.

Salah satu prestasi yang sedang dia incar adalah Kejuaraan SEA Games di Filipina menjelang akhir tahun 2019.

“Kuota SEA Games untuk BMX hanya ada dua. Saya ingin wakili SEA Games, tapi saya harus berusaha keras,” katanya.

Usaha keras itu menjadi keharusan bagi Rio karena hadirnya sejumlah atlet pesaing yang tengah diantisipasi, di antaranya atlet blasteran asal Amerika Serikat, atlet Filipina maupun Thailand.

“Khusus SEA Games nanti tipikal lawannya agak sulit. Ada yang blasteran Amerika, Filipina, dan Thailand,” katanya.

Baca juga: Akbar Rio juara basional BMX 2019

Baca juga: Bagus dan Rio tetap jadi tumpuan Indonesia di ACC Malaysia

Baca juga: Rio Akbar juara Asia BMX 2018 di Thailand

Bekal keterampilan untuk warga binaan

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019