Joan Mir absen di GP Austria

Jakarta (ANTARA) – Pebalap tim Suzuki Ecstar Joan Mir bakal absen di balapan GP Austria, Sirkuit Red Bull Ring, akhir pekan ini menyusul kecelakaan yang ia alami di sesi tes resmi di Brno, Senin.

Tim Suzuki Ecstar mengumumkan lewat laman resminya, Kamis, jika tim dan Mir sepakat untuk tidak mengambil risiko dan lebih memilih memanfaatkan waktu untuk istirahat dan penyembuhan ketimbang turun di GP Austria.

Mir mengalami kecelakaan ketika melaju dengan kecepatan tinggi ketika menjalani tes di Sirkuit Brno, Republik Ceko sehingga harus diterbangkan ke rumah sakit setempat.

Pebalap asal Spanyol itu didiagnosa mengalami memar paru-paru walau pun tidak mengalami cedera lainnya yang parah.

Paru-parunya masih dalam keadaan memar dan membutuhkan istirahat yang cukup untuk pulih.

Baca juga:Siapa mampu patahkan dominasi Ducati di GP Austria?

Baca juga:Uji purwarupa Yamaha 2020, Rossi ungkap kesan pertamanya

Setelah kembali ke Spanyol, dia akan dirawat di Clinica Dexeus di Barcelona untuk menjalani tes lebih lanjut sebelum pulang ke rumahnya di Andorra dan beristirahat agar bisa kembali fit dan turun di GP Inggris di Sirkuit Silverstone.

“Sangat disayangkan Joan tidak bisa ikut seri selanjutnya di Austria, namun yang paling penting adalah dia segera pulih dalam cara yang benar,” kata tim Manajer Davide Brivio.

“Kondisinya semakin baik dan untungnya tidak ada yang serius, dia hanya butuh waktu untuk pulih dari kecelakaan itu. Dengan GP Austria yang dekat, seminggu beruntun, cukup sulit baginya untuk pulih tepat waktu.”

“Dia harus berhati-hati dan kami ingin dia kembali jika sudah benar-benar pulih. Kami doakan yang terbaik untuknya dan kami akan menunggu dia.”

Sementara itu Mir mengungkapkan apa yang ia rasakan setelah mengalami kecelakaan.

“Pada awalnya aku kesulitan bernafas karena memar paru-paru ini, tapi sedikit demi sedikit membaik dan aku merasa lebih baik,” kata Mir.

“Sangat disayangkan karena aku merasa sangat bagus dengan motorku dan kami menyelesaikan tes yang fantastis. Sekarang aku harus bepikir tiap hari untuk mencoba sembuh dan kembali 100 persen untuk Silverstone.”

Selain Mir, pebalap Repsol Honda Jorge Lorenzo juga harus absen di Spielberg karena sedang dalam masa penyembuhan dari cedera retak tulang belakang yang ia dapat setelah kecelakaan di Assen di akhir Juni.

Baca juga:Ringkasan sesi tes resmi di Brno, Quartararo pimpin dominasi Yamaha

Pengamanan khusus untuk pembangunan sirkuit MotoGP

Oleh Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019