Juara di Brno, Marquez raih kemenangan ke-50 di kelas premier

Jakarta (ANTARA) – Pebalap Repsol Honda Marc Marquez meraih kemenangan keenamnya musim ini usai finis pertama di GP Republik Ceko, Sirkuit Brno, Minggu.

Di balapan yang sempat tertunda sekitar 40 menit karena sebagian trek dalam kondisi basah, Marquez yang start dari pole position itu memimpin sepanjang lomba dan finis 2,452 detik di depan pebalap Ducati Andrea Dovizioso, demikian laman resmi MotoGP.

Baca juga: Marquez raih pole position GP Ceko

Baca juga: Brno diguyur hujan, Marquez tercepat di FP3 GP Ceko

Jack Miller (Pramac Racing) memanfaatkan lap-lap terakhir untuk menggeser Alex Rins (Suzuki Ecstar) ke peringkat empat untuk naik ke peringkat tiga, yang merupakan podium kedua bagi pebalap asal Australia itu musim ini.

Dengan kemenangan itu, Marquez semakin kokoh di puncak klasemen pebalap dan melebarkan jarak sebanyak 63 poin dari rival terdekatnya, Dovizioso.

Hasil di GP Ceko itu menjadi kemenangan Marquez untuk kali ke-50 selama karirnya di kelas premier.

Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol) finis kelima diikuti oleh Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) di P6 di balapan yang terpotong satu lap karena kondisi cuaca itu.

Pebalap rookie Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) finis di peringkat ketujuh, mengungguli Danilo Petrucci (Ducati) di P8.

Petrucci mengamankan delapan poin untuk tetap berada di peringkat tiga klasemen dengan raihan 129 poin.

Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) dan Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) mampu melewati Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory) untuk finis P9 dan P10.

Rekan satu tim Espargaro, Johann Zarco, yang mengawali balapan dari posisi ketiga harus puas melorot ke P14.

Baca juga: 300 pemuda NTB dilatih Race Official MotoGP di Sirkuit Sepang

Pengamanan khusus untuk pembangunan sirkuit MotoGP

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2019