Kejurnas BMX 2019 telurkan empat juara nasional

Jakarta (ANTARA) – Ajang Indonesia BMX Nasional Championship 2019 yang berlangsung di Jakarta Internasional BMX Track Pulomas, Jakarta, Minggu, menghasilkan empat atlet peraih gelar Juara Nasional yang turun di sejumlah kelas perlombaan.

“Pada kelas BMX Women Junior hanya satu pendaftar sekaligus juara atas nama Noraida dari Tim ISSI Kalimantan Selatan,” kata Technical Deligate Kejuaraan Nasional 2019, Pratomo Setyadi di Jakarta, Minggu.

Pada kelas BMX Women Junior, gelar juara diraih oleh Rahmat Agil Pamungkas dari Ngapak Bae Sxworx Factory, menyisihkan enam atlet lainnya, yakni Yosi Saputro, Muhammad Jefri Ardianto, Bagus Kurniawan, Syahbana Umar, Putra Aldiansyah, dan Ardian Putra Pratama.

Wiji Lestari dari Tim GGMM Jawa Timur unggul di kelas BMX Women Elite menyisihkan empat pesaingnya yakni Cupi Nivianti, Titin Nuroh, Elga Kharisma, dan Tifania Adine Almira.

Sementara gelar juara nasional di kelas BMX Men Elite diraih Rio Akbar dari Tim ISSI Jawa Barat, mengalahkan enam pesaingnya yakni M Khabibur Rohman, Putro Afrendy Cahyono, Yussi Wakhidur Rizal, I Gusti Bagus Saputra, Fasya Ahsana Rifki, dan Firman Chandra Alim.

Seluruh kontestas juara menempuh fase perlombaan, mulai dari tiga babak penyisihan, semifinal, dan final di hari yang sama.

Dikatakan Pratomo, agenda kejuaraan nasional tersebut adalah jadwal perlombaan rutin tahunan balap sepeda di Indonesia selain NTB, Trail dan lainnya.

Pratomo menyebut kegiatan lomba kali ini diikuti atlet berprestasi dalam kejuaraan nasional maupun internasional, seperti Bagus Syahputra yang meraih juara di Asian Games, Rio Akbar yang memperoleh emas di SEA Games, Firman Chandra atlet BMX PON dan lainnya.

Kejuaraan nasional tersebut, kata Pratomo, menjadi agenda penting bagi para atlet nasional dalam mengumpulkan poin nasional untuk lolos kualifikasi Olimpiade 2020 di Tokyo.

“Fase kualifikasi Olimpiade dimulai pada Juni 2019. Kejurnas ini peluang untuk menaikan poin Union Cycliste Internationale (UCI) agar mencapai kualifikasi Olimpiade 2020,” katanya.

Baca juga: Finis keempat, Elga Kharisma gagal naik podium kejurnas BMX 2019

Baca juga: Akbar Rio juara basional BMX 2019

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019