Kepri akhirnya punya sirkuit motokros permanen

Tanjungpinang (ANTARA) (ANTARA) – Provinsi Kepulauan Riau, akhirnya memiliki sirkuit motokros permanen dan berstandar nasional, di area pusat perkantoran Pemprov Kepri, Pulau Dompak, Tanjungpinang.

Letaknya persis di sebelah lapangan sepak bola internasional yang saat ini masih dalam tahap pembangunan.

“Panjang lintasan sirkuit Dompak ini sepanjang 1.200 meter. Sementara luas total lokasi sirkuit mencapai empat hektar,” kata Ketua Korwil IMI Kota Tanjungpinang, Yova Apriazir, Jumat.

Dengan memiliki lintasan sirkuit sepanjang itu, lanjut dia, maka Kepri sudah sejajar dengan daerah lainnya di Indonesia, yang lebih dulu telah memiliki lintasan sirkuit motokros.

Yofa mengatakan, pada bulan November mendatang pihaknya akan melakukan uji coba sirkuit motocross tersebut, sekaligus menggelar kejuaraan nasional (Kejurnas) motokros yang memperebutkan Piala Gubernur Kepri 2019.

Kejurnas ini akan melibatkan pembalap dari seluruh daerah di Indonesia, termasuk pembalap atau atlet motokros tingkat nasional mulai rangking satu sampai sepuluh.

“Total hadiah yang diperebutkan sebesar Rp100 juta,” imbuhnya.

Dia menambahkan, sampai sejauh ini atlet motokros Kepri secara prestasi sudah masuk sepuluh besar nasional.

Menurut Yofa, setiap agenda dan event kejuaran motokros khususnya kelas 125 cc. Kepri memiliki atlet andalan dan sangat disegani para pembalap lainnya.

“Kita akan pacu terus atlet-atlet lainnya yang memiliki bakat dan talenta motokros, tinggal bagimana membinanya dan tentunya perlu dukungan semua pihak untuk mewujudkannya,” tegasnya.

Di lokasi sirkuit motokros ini pula akan dilakukan penghijauan serta pembangunan sarana dan prasarana pendukung lainnya pada tahun 2020 mendatang.

“Pemprov Kepri akan menganggarkan sekitar Rp2 miliar untuk membangun fasilitas seperti paddock dan fasilitas lainnya. Mudah-mudahan bisa terealisasi,” tuturnya.

Baca juga: Bupati Kuansing janji bangun sirkuit motokros

Pewarta: Ogen
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019