Kopenhagen akan jadi tempat start Tour de France 2021

Jakarta (ANTARA News)  –  Kopenhagen akan menggelar tiga etape awal Tour de France 2021, menjadikan ibukota Denmark itu sebagai titik start awal paling utara dalam sejarah lomba balap sepeda paling bergengsi di dunia tersebut.

Pihak penyelenggara Kamis (Jumat WIB) mengatakan, rencana tersebut melanjutkan tren Tour de France dimana pembukaan dilakukan di luar Prancis.

Tahun ini start pembukaan Tour de France digelar di Brusel, Belgia. Sebelumnya start dilakukan di Dusserdorf Jerman, dan pada 2014 di Ultrecht Belanda.

Negara lain seperti Inggris, Luxembourg, Monaco, Spanyol dan Swiss juga pernah menjadi tempat “Grand Depart”, sedangkan tahun 2021 untuk pertama kalinya negara Skandinavia dilibatkan.

Denmark menjadi negara ke-10 yang menjadi tempat start Tour de France yang berlangsung selama tiga minggu dan finis di Paris itu.

“Denmark akan menjadi contoh yang bagus dimana sepeda merupakan alat transportasi utama di perkotaan,” kata direktur lomba Christian Prudhomme, seperti dikutip Reuters.

Etape pertama nantinya berupa Individual Time Trial 13 kilometer di jalanan seputar Kopenhagen, disusul dengan etape kedua 190 kilometer dari Roskilde ke Nyborg, melintasi Jembatan Great Belt sejauh 18 kilometer.

Selanjutnya etape ketiga sejauh 170 kilometer dari Velje ke Sonderborg sebelum rombongan pebalap menuju Prancis. 

Kopenhagen sering disebut sebagai kota plaing ramah untuk bersepeda dan jumlah sepeda di kota itu diklaim lebih banyak dari jumlah penduduk.

“Ini penghargaan besar bagi Kopenhagen untuk menggelar start Tour de France,” kata Wali Kota Kopenhagen Franck Jensen.
 

Pewarta:
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2019