Kuda-kuda premium untuk equestrian siap dikembangbiakkan di Jakarta

Jakarta (ANTARA) – Perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan peternakan kuda dan perdagangan perlengkapan equestrian PT Equina Global Prima (Equinara) berencana mengembangbiakkan kuda-kuda jenis Warmblood khusus olahraga equestrian di Jakarta International Equestrian Pulomas Park (JIEPP).

Rencana tersebut disampaikan secara langsung oleh Direktur Utama Equinara Adinda Yuanita saat menghadiri Peresmian Kerja Sama Pengelolaan Fasilitas Olahraga JIEPP antara PT Pulo Mas Jaya (PMJ) dengan Equinara di JIEPP, Pulomas, Jakarta Timur.

“Sebagai salah satu bentuk kerja sama pengelolaan JIEPP itu, kami berencana mengembangbiakkan kuda Warmblood khusus untuk olahraga equestrian. Pengembangbiakannya akan kami lakukan di JIEPP,” kata Adinda di JIEPP, Pulomas, Jakarta Timur, Kamis.

Sebelumnya, menurut dia, pengembangbiakan kuda-kuda Warmblood itu telah dilakukan lebih dulu di Jerman melalui salah satu konsorsium Equinara, yaitu DeLaqour, perusahaan multinasional dengan core business dalam bidang pengembangbiakan kuda ras Warmblood.

Selain itu, sambung dia, Equinara juga berafiliasi dengan sejumlah organisasi Jerman yang menaungi ras-ras kuda Warmblood dan juga memiliki kewenangan untuk menerbitkan paspor keturunan asli kuda ras Warmblood, diantaranya Oldenburger, Hannoveraner, Holsteiner dan Westfalen.

“Semua organisasi itu terdaftar pada World Breeding for Sport Horse (WBFSH). Mudah-mudahan, kedepannya DKI Jakarta akan mempunyai anakan kuda premium khusus untuk olahraga equestrian dengan lisensi resmi yang diakui dunia,” tutur Adinda.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan di pusat pengembangbiakan yang nantinya akan diberi nama Equina Warmblood Breeding and Training Center itu, pihaknya tidak hanya sekedar mengembangbiakkan kuda, tetapi juga sekaligus melatih kuda-kuda tersebut dan memasarkannya kepada para pecinta kuda.

Seperti diketahui, usai Asian Games 2018 lalu, PT Pulo Mas Jaya sebagai anak perusahaan BUMD DKI, Jakarta Propertindo, menggelar lelang guna mencari mitra strategis yang dapat mengelola JIEPP secara profesional dan akuntabel.

Konsorsium Equinara yang terdiri dari PT Equina Global Prima (Equinara), DeLaqour Premium GmbH (DeLaqour) dan Perkumpulan Equestrian Indonesia Raya (Klub Equinara), ditetapkan sebagai mitra bisnis pengelolaan equine PT Pulo Mas Jaya untuk mengelola fasilitas olahraga equestrian pada Maret 2019.

Aksi hari buruh difokuskan di Patung Kuda

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2019