Manfaatkan JIV, SIWO Track kembali digeliatkan

Jakarta (ANTARA News) – Nama kejuaraan balap sepeda SIWO Track yang cukup tenar di tahun 1990-an hingga 2000 bakal kembali digeliatkan mengingat Indonesia saat ini sudah mempunyai lintasan balap kelas dunia yaitu Jakarta International Velodrome (JIV).

“Iya. Memang sudah kami agendakan. SIWO Track dulu merupakan kejuaraan rutin tahunan. Makanya akan kita giatkan kembali,” kata Ketua Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI) Raja Sapta Oktohari di Surabaya, Sabtu.

Pria yang akrab dipanggil Okto ini menjelaskan meski kejuaraan SIWO Track sudah masuk agenda, namun pihaknya belum menentukan waktu pelaksanaannya mengingat harus disesuaikan dengan jadwal kejuaraan yang telah ada baik level nasional maupun internasional.

“Tunggu saja tanggalnya. Konsep lagi disiapkan. Bisa saja bulan September nanti atau bahkan lebih cepat. Kami butuh dukungan semuanya termasuk dari SIWO (Seksi Wartawan Olahraga) sendiri,” katanya menambahkan.

Saat ini perkembangan pebalap disiplin track di Indonesia mulai menggeliat. Bahkan beberapa atlet sudah mampu menembus level dunia yang salah satunya pebalap putri, Crismonita Dwi Putri. Pebalap berusia 21 tahun ini bahkan bakal kembali berlaga di kejuaaraan dunia di Polandia.

“Ini perkembangan yang sangat bagus. Selain Crismonita ada Terry Yudha yang akan berangkat ke kejuaraan dunia. Tunggu saja, sebentar lagi ada pebalap Indonesia yang lolos ke Olimpiade 2020,” kata Okto menambahkan.

Pria yang juga seorang promotor tinju profesional datang ke Surabaya bukan hanya membawa angin segar untuk kembali digelarnya kejuaraan SIWO Track, namun juga mendapatkan penghargaan Golden Award SIWO PWI dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN).

Okto mendapatkan penghargaan dari SIWO untuk kategori Inovator Go Internasional. Penghargaan sendiri diserahkan langsung diserahkan oleh Ketua PWI Pusat Atal Depari. Tidak hanya Okto, Erick Thohir yang juga ketua INASGOC juga mendapatkan penghargaan untuk kategori Inspirator Go Internasional.

Sementara itu Ketua SIWO Pusat Gungde Ariwangsa menyambut baik rencana digulirkan kembali kejuaraan SIWO Track. Pihaknya mengaku akan memberikan dukungan penuh mengingat kejuaraan ini mempunyai sejarah panjang dan banyak melahirkan pebalap nasional.

“Kita akan terus komunikasin dengan PB ISSI. Untuk waktu pelaksanaan kita akan menyesuaikan. Yang jelas persiapan akan segera kami lakukan,” katanya saat dikonfirmasi

Baca juga: Ketua ISSI: Jakarta International Velodrome adalah aset dunia

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019