Mercedes kejutkan rival di kualifikasi GP Australia

Jelas Mercedes menjadi favorit

Jakarta (ANTARA) – Mercedes mengejutkan semua rivalnya usai mendominasi sesi latihan bebas dan merebut posisi start 1-2 GP Australia, seri pembuka Formula 1 2019, pada Sabtu.

Lewis Hamilton menorehkan waktu tercepat 1 menit 20,486 detik di babak kualifikasi untuk menyingkirkan rekan satu timnya, Valtteri Bottas yang harus puas start dari posisi kedua.

Hasil itu menjadi pole position Hamilton keenam kalinya berturut-turut di Australia dari total delapan kali meraih posisi start pertama di Albert Park sepanjang karirnya.

Hamilton menyamai catatan Ayrton Senna dan Michael Schumacher dalam raihan pole position di salah satu trek balapan.

Senna meraih delapan pole position di Imola, sementara Schumacher di Sirkuit Suzuka.

Bottas hampir merebut pole position pertamanya di Australia setelah memimpin sesi kualifikasi Q3 tapi tidak mampu memperbaiki catatan waktunya dengan selisih 0,112 detik dari Hamilton.

“Aku gemetaran, sangat ketat di sana,” kata Hamilton seperti dikutip Reuters, Sabtu.

“Usai tes di musim dingin, kami tidak tahu kami akan berada di mana. Kami berharap berada di tempat yang sekarang ini… Valtteri melakukan hal yang luar biasa di sana, sangat ketat.”

Pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, pun kaget dengan kecepatan mobil Mercedes W10 yang dikendarai Hamilton dan Bottas, setelah hanya mampu mengamankan posisi ketiga dengan margin 0,704 detik dari Hamilton.

“Jelas Mercedes menjadi favorit,” kata Vettel.

“Aku sangat terkejut (dengan kecepatannya), ku kira semuanya juga, bahkan mungkin mereka sendiri (Mercedes).”

Charles Leclerc, yang mengawali debut bersama Ferrari, mengamankan P5 dipisahkan dari rekan satu timnya oleh pebalap Red Bull Max Verstappen yang akan menempati P4. Hasil yang positif bagi Red Bull yang mengawali kemitraan mereka dengan Honda tahun ini.

Sementara itu, Renault harus mengadakan evaluasi lagi karena kedua pebalapnya gagal menembus Q3. Nico Hulkenberg dan pebalap tuan rumah Daniel Ricciardo, yang pindah dari Red Bull, akan start dari P11 dan P12.

Pebalap termuda, Lando Norris (19) mendapat hasil positif dengan mengamankan P8 untuk McLaren di belakang duo pebalap Haas Romain Grosjean dan Kevin Magnussen.

Hasil positif pebalap debut McLaren itu tidak dibarengi oleh rekannya yang lebih senior, Carlos Sainz yang akan start dari P18 setelah terlempar dari Q1.

Sementara Kimi Raikkonen, yang 20 tahun lebih senior dari Norris, akan start dari P9 di belakang pebalap muda asal Inggris itu.

Pebalap debut lainnya, Alexander Albon dari Thailand mampu menembus Q1 dan mengamankan posisi start P13 untuk Toro Rosso.

Robert Kubica, yang melakoni babak kualifikasi pertamanya setelah delapan tahun mengalami kebocoran ban belakang kanan dan tergelincir di rumput pada lap terakhirnya di Q1.

Pebalap tim Williams asal Polandia itu akan start dari posisi paling buncit, di belakang rekan satu timnya, George Russell, yang akan start dari P19.

Baca juga: Jelang seri pembuka, Hamilton akui Mercedes masih harus berbenah

Baca juga: Horner: Red Bull masih tertinggal jauh dari Mercedes, Ferrari

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019