PB ISSI kirim tiga atlet latihan di Swiss

Kita harus kembali merintis poin

Jakarta (ANTARA) – Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sports Indonesia (PB ISSI) mengirim tiga atlet, yaitu Crismonita Dwi Putri, Terry Yudha Kusuma dan Ayustina Delia Priatna, untuk mengikuti pelatihan di Swiss selama tiga bulan.

Menurut manajer tim balap sepeda Indonesia Budi Saputra, ketiga atlet itu diundang secara langsung oleh Direktur World Cycling Center (WCC) Frederic Magne dan direncanakan akan bertolak menuju Swiss pada akhir Maret 2019.

“Kami sudah bertemu dengan Direktur Track UCI (persatuan balap sepeda internasional) dan membahas keberangkatan tiga atlet itu. Kami masih menunggu surat resmi dari UCI untuk undangannya,” kata Budi dalam siaran pers yang diterima Antara di Jakarta, Rabu.

Sementara itu, Kepala Pelatih Balap Sepeda Nasional Dadang Haries Poernomo mengatakan pihaknya akan lebih selektif dalam menentukan atlet-atlet yang akan mengikuti berbagai kejuaraan.

“Kami tidak ingin terjadi kesalahan regulasi terhadap atlet yang mengikuti setiap seri kejuaraan yang bisa menambah poin, baik bagi atlet maupun negara untuk tampil di Olimpiade 2020 Tokyo mendatang,” ujar Dadang.

Usai kejuaraan UCI World Track Championship 2019 di Polandia, dia menuturkan, perhitungan poin kembali dimulai dari nol. Pihaknya pun bertanggung jawab untuk mencapai peringkat lima besar dunia dengan minimum perolehan 250 poin dari dua kejuaraan berikutnya, yaitu di Jepang dan Taiwan.

“Kita harus kembali merintis poin, mulai dari poin National Championship, CL1, CL2 hingga CC.

Tapi CC sudah abis. Jadi untuk musim 2019-2020, kita ambil National Championship CL1 dan CL2,” tutur Dadang.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan persiapan lainnya menuju Olimpiade 2020, yakni mengumpulkan minimal 250 poin melalui kejuaraan di Taiwan pada Mei 2019 dan di Jepang pada Agustus 2019 supaya bisa masuk World Cup sesi kedua.

Dia menambahkan, perhitungan poin menuju Olimpiade 2020 di Tokyo nantinya merupakan gabungan antara hasil atau poin di sesi pertama musim 2018-2019 dan 2019-2020.

Baca juga: Crismonita perbaiki catatan waktu dalam Kejuaraan Dunia

Baca juga: Tour de Indonesia 2019 digulirkan Agustus

Baca juga: Crismonita bidik tiket Olimpiade dalam Kejuaraan Dunia Track

Pewarta:
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019