Quartararo: aku hampir 100 persen

Jakarta (ANTARA) – Pebalap rookie Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) mengaku telah hampir sepenuhnya dalam kondisi terbaiknya pasca cedera dan operasi setelah dia memuncaki sesi latihan GP Republik Ceko, Jumat waktu setempat.

Membalap dengan cedera di empat balapan terakhir, Quartararo tiba di GP Ceko dengan kondisi kesehatan yang lebih baik hingga mampu kembali mengungguli Marc Marquez (Repsol Honda) di sesi latihan bebas.

“Aku hampir 100 persen sekarang jadi tidak terlalu menyulitkanku,” kata Quartararo seperti dikutip laman resmi MotoGP.

“Hari ini cukup positif, kami mengalami sedikit kendala dengan ban, dengan ketiga kompon yang tersedia. Besok (Sabtu) kami ingin mencoba satu dan apakah itu menjadi yang terbaik untuk balapan.”

Di sesi pagi Quartararo tak mengganti ban yang ia pakai hingga terseok-seok di peringkat 18.

“Tapi siang ini kami mencoba ban hard dan terasa lebih baik namun untuk time attack tentunya dengan ban soft. Kami masih belum tahu untuk FP3, tapi kami perlu mengatur juga untuk bisa masuk Q2 dan juga soal simulasi balapan.”

Baca juga:Quartararo melesat di FP2 GP Ceko, Marquez tergeser ke peringkat dua

Baca juga:Pulih cedera lengan dan bahu, Quartararo siap tempur di Brno

Di sesi latihan bebas, Jumat, Yamaha mengirimkan empat pebalapnya, Quartararo, Maverick Viñales, Franco Morbidelli dan Valentino Rossi di peringkat 10 besar tercepat.

Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP), di peringkat lima, mengaku yakin dengan peluangnya di akhir pekan nanti dan akan berkerja keras di balapan, Minggu.

“Aku sangat senang karena hari ini kami bekerja sangat keras untuk balapan. Jadi besok jika hujan aku kira kami telah menyelesaikan pekerjaan kami,” kata pebalap asal Spanyol itu.

“kami melakukan dengan baik, laju balapan sangat bagus dan aku merasa cukup bagus dengan motor ini, walau pun aku membuat waktu terbaikku sebelum yang lain yang terkadang bisa saja lebih buruk.”

“Namun untuk balapan, kami telah mengerjakannya di bagian akhir sesi latihan untuk jarak balapan, dan itu terasa bagus. Motor ini bekerja dengan baik dan kita lihat besok.”

Seperti Quartararo, Viñales juga mengalami kesulitan dalam pemilihan ban.

Sementara Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) finis ketujuh tercepat di waktu kombinasi latihan, sedangkan Rossi memperbaiki catatan waktunya untuk naik ke peringkat sembilan setelah mengalami kendala mekanis di FP2.

Baca juga:Menuju GP Republik Ceko, jalan terjal bagi Dovizioso

Baca juga:Rossi, Vinales akan uji purwarupa motor Yamaha 2020 di Brno
 

Pengamanan khusus untuk pembangunan sirkuit MotoGP

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019