Quartararo libas Marquez untuk start terdepan di Catalunya

Jakarta (ANTARA) – Pebalap rookie Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) kembali tampil impresif dengan merebut pole position kali keduanya musim ini di balapan GP Catalunya, Spanyol.

Pebalap berusia 20 tahun asal Prancis itu menjadi yang tercepat di babak kualifikasi, Sabtu, dengan catatan waktu 1 menit 39,484 detik atau 0,015 detik unggul atas pebalap tuan rumah Marc Marquez (Repsol Honda) yang akan start dari P2 besok, demikian laman resmi MotoGP.

Sebelumnya Quartararo tampil kuat setelah di sesi latihan FP3 menjadi yang tercepat kedua setelah Alex Rins (Suzuki Ecstar) dan memuncaki FP4. Dia juga memuncaki sesi latihan FP2 pada Jumat.

Musim ini Quartararo dinobatkan menjadi pebalap MotoGP termuda yang meraih pole position usai mengunci posisi start pertama di Jerez.

Pebalap tuan rumah lainnya, Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha MotoGP) akan melengkapi baris terdepan grid dengan posisi start ketiga.

Sementara rekan satu timnya, Valentino Rossi akan start dari P5 di belakang pebalap tim satelit Petronas Yamaha SRT Franco Morbidelli, yang lolos ke Q2 usai menjadi yang tercepat di Q1.

Andrea Dovizioso menjadi pebalap Ducati tercepat di P6 mengungguli rekan satu timnya, Danilo Petrucci di P7.

Petrucci, juara GP Italia itu, sempat terjatuh di Tikungan 5 yang membuatnya kehilangan waktu berharga di Q2.

Sementara itu setelah tampil tercepat di FP3, Alex Rins harus puas dengan posisi start delapan diikuti oleh Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol) di P9 dan Jorge Lorenzo (Repsol Honda) di P10.

Joan Mir, yang lolos ke Q2 hanya mampu di posisi ke-11 diikuti oleh Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing) untuk P12.

Baca juga:Usai operasi lengan, Quartararo dinyatakan fit untuk GP Catalunya
Baca juga:Pratinjau – Siapa berjaya di Catalunya?
 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Aris Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019