Russell: Williams tawarkan banyak potensi pengembangan

Mobil ini belum sempurna saat ini, tapi saya rasa dia tentunya memiliki potensi dan kami masih memiliki tiga hari untuk melakukannya

Jakarta (ANTARA) – Pebalap rookie asal Inggris George Russell melahap total 119 lap dengan mobil balap Williams FW42 di hari pertama pekan kedua tes pramusim di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Selasa.

Walaupun finis di peringkat sembilan tercepat, dengan waktu tercepat 1 menit 19,662 detik, Russell melihat mobil FW42 itu masih menawarkan banyak potensi untuk dikembangkan ke depan, demikian laman resmi Formula1.com pada Rabu.

Menggunakan ban bekas dengan kompon terlunak C5 untuk membuat waktu tercepatnya itu, Russell mengungkapkan bahwa masih ada kesempatan untuk mengejar perkembangan mobil menyusul keterlambatan tim Williams untuk mengikuti tes pada pekan pertama.

“Jelas belum mengejar untuk pekan lalu ketika setiap orang di tingkat ini sudah berada di tahap mencari setelan keseimbangan, sedangkan kami masih harus memahami mobil, tapi saya merasa kita berada di tempat yang bagus,” kata Russell.

“Mobil ini belum sempurna saat ini, tapi saya rasa dia tentunya memiliki potensi dan kami masih memiliki tiga hari untuk melakukannya.”

Russell menjajal sejumlah kompon ban dalam tes hari itu mulai dari C3,C1, C4 dan C5.

“Kami menghabiskan satu set C4 dan satu set C5 namun keseimbangannya kurang tepat bagi kami. Kami masih memahami batasan dan apa yang dilakukan oleh kompon yang berbeda, jadi tidak ada alasan untuk khawatir jika kami tidak mendapatkan waktu lap yang seharusnya kami raih, karena hal itu akan datang,” kata Russel.

Pada pekan pertama tes, Williams melewatkan dua hari pertama dan mengalami tes yang berat dengan hanya menyelesaikan total 88 putaran.

“Setelah beberapa minggu terakhir, sangat melegakan bisa mengakhiri hari seperti hari ini, karena kami belajar banyak tentang mobil dengan bahan bakar rendah dan tinggi.”

“Ini memberikan indikasi yang bagus untuk bergerak maju beberapa hari ke depan, dan juga bagi semua orang di pabrik yang telah mendesain sejumlah upgrade,” kata dia.

Williams tahun lalu mengalami musim balapan terburuk mereka setelah hanya meraih tujuh poin dari 21 balapan F1 musim lalu dan finis di peringkat buncit konstruktor walaupun menggunakan mesin yang sama dengan tim juara Mercedes.

Williams memiliki pasangan pebalap baru, rookie asal Inggris Raya sekaligus juara Formula 2 George Russell dan pebalap Polandia Robert Kubica, yang kembali membalap di F1 setelah pulih dari cedera karena kecelakaan reli pada 2011.

T.A059/

Pewarta:
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019