Sean Gelael berpeluang curi poin di Monza

Jakarta (ANTARA) – Pebalap Indonesia Sean Gelael berpeluang mencuri poin pada balapan feature Formula 2 di Sirkuit Monza, Italia, Sabtu setelah menjalani latihan bebas maupun kualifikasi dengan cukup konsisten.

Pada latihan bebas, pebalap Prema Racing ini sukses berada di posisi sembilan atau terpaut 0,7 detik dengan pebalap tercepat Ghiotto dari tim UNI-Virtuosi. Namun, kondisi kurang bagus saat babak kualifikasi karena juga harus berhadapan dengan lintasan licin, demikian laman fiaformula2.

Pebalap yang didukung penuh Jagonya Ayam ini harus puas di posisi 11 dengan waktu satu menit 35,148 detik. Adapun pebalap yang bakal berada di pole position adalah Callum Ilott dari tim Sauber Junior Team by Charouz setelah membukukan catatan waktu satu menit 33,887 detik.

Bagi Callum Ilott posisi pole position adalah pencapaian maksimal karena diraih untuk pertama kalinya dalam ajang balapan jet darat satu level di bawah Formula 1 itu.

“Rasanya kami telah kembali seperti semula, ada di Top 10, dimana pada tiga seri sebelumnya kami benar-benar kewalahan. Kami sebenarnya bisa lebih baik lagi dari posisi yang kami raih, namun start dari posisi 11 tidaklah buruk. Ini Monza, menyusul bukan hal sulit karena akan banyak kesempatan tercipta di sana,” kata Sean dalam keterangan resminya.

Dengan hasil tersebut, Sean dan Mick memang berpeluang menambah pundi-pundi poinnya. Apalagi, Monza merupakan kandang dari Prema Racing dan kedua pebalapnya cukup familiar dengan lintasannya.

Meski kualifikasi berjalan lancar, suasana duka masih menyelimuti paddock Formula 2 di Monza. Kehilangan Anthoine Hubert yang wafat pada feature race di Belgia dan cedera parah yang dialami Juan Manuel Correa, masih membekas.

Tim BWT Arden yang dibela Hubert dan Charouz Racing untuk Correa tidak menurunkan pengganti keduanya. Dengan tambahan pebalap Trident, Ralph Boschung yang absen, balapan Formula 2 Monza hanya diikuti 17 pebalap.

Hingga balapan di Belgia, Sean Gelael masih tertahan di posisi 15 klasemen sementara dengan 11 poin, sedangkan rekan satu timnya Mick Mick Schumacher berada di posisi 11 dengan 45 poin. Adapun untuk tim, Prema Racing berada di posisi sembilan dengan 56 poin.

Berikut jadwal balapan, Formula 2 Italia
(dalam WIB)

Jumat, 6 September
18.00: Free Practice
21.55: Qualifying

Sabtu, 7 September
21.55: Race 1 (30 lap)

Minggu, 8 September
15.50: Race 2 (21 lap)

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019