Statistik dan fakta jelang GP Thailand

Jakarta (ANTARA) – Walau terjatuh pada akhir sesi kualifikasi Q2 GP Thailand, Sabtu, Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) mampu mengamankan pole position untuk kali keempatnya pada musim debutnya sebagai rookie di MotoGP setelah sebelumnya start terdepan di Jerez, Catalunya dan Assen.

Dengan hasil itu, pebalap asal Prancis itu menyamai pencapaian Jorge Lorenzo (2008) dan Dani Pedrosa (2006) yang meraih empat pole position di tahun pertamanya turun di kelas premier, demikian laman resmi MotoGP.

Hanya Marc Marquez yang memiliki perolehan terbaik dengan sembilan pole position di tahun debutnya pada 2013.

Baca juga: Quartararo klaim pole position GP Thailand, Marquez, Rossi terjatuh

Quartararo juga mencetak waktu putaran terbaik Sirkuit Buriram dengan waktu satu menit 29,719 detik.

Berusia 20 tahun 168 hari, Quartararo juga menjadi pebalap termuda yang meraih empat pole position pada kelas premier, merebut gelar Marquez yang melakukannya pada usia 20 tahun dan 181 hari di Indianapolis 2019.

Jika Quartararo menang di Thailand pada umur 20 tahun dan 169 hari, dia akan menjadi pebalap termuda kedua yang memenangi Grand Prix setelah Marquez, yang menang di GP Amerika pada usia 20 tahun 63 hari.

Baca juga: Marquez beberkan insiden kecelakaan yang ia alami di Thailand

Maverick Viñales akan start dari P2 di Thailand, yang menjadikan kali kedelapan bagi pebalap asal Spanyol itu meraih posisi start baris terdepan, walau pun di Catalunya dia mendapat penalti mundur tiga posisi grid ke P6.

Marquez meraih posisi start ketiga di kualifikasi, yang membawanya start dari baris terdepan untuk ke-13 kalinya musim ini.

Marquez, yang menang di Buriram di depan Dovizioso tahun lalu, harus mencetak dua poin atau lebih dari rivalnya asal Italia itu untuk mengamankan gelar juara dunia MotoGP keenamnya di Thailand.

Baca juga: Bukan Rossi atau Dovizioso, tapi Quartararo lah rival terberat Marquez

Dengan Maverick Viñales, Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli, ini merupakan kali ketiga ada tiga pebalap Yamaha di peringkat empat besar kualifikasi, setelah Catalunya dan San Marino.

Setelah lolos Q1 dan bersaing di Q2 untuk pertama kalinya sejak Silverstone dan meraih P5, ini merupakan hasil kualifikasi terbaik Danilo Petrucci (Ducati) sejak dia start P3 di Italia, di mana dia meraih kemenangan perdananya di kelas MotoGP.

Rekan satu timnya di Ducati, Andrea Dovizioso mengakhiri kualifikasi di P7, kali ketujuh baginya gagal masuk dua baris terdepan tahun ini.

Baca juga: Masih berambisi raih gelar juara, Rossi ganti kepala kru tahun depan

Dovi finis runner-up di Buriram tahun lalu, satu-satunya kekalahan yang dia alami di tikungan terakhir dari Marquez.

Valentino Rossi, yang start dari P2 di Buriram tahun lalu, kali ini akan start dari P9 setelah terjatuh di Q2. The Doctor untuk kali kesembilan musim ini gagal start dari dua baris terdepan.

Sementara Pol Espargaro yang kembali fit setelah cedera pergelangan tangan yang ia dapati di Aragon akan melakoni start ke-100nya di kelas premier pada balapan Minggu nanti.

Baca juga: Kesampingkan rivalitas, Rossi puji performa Marquez musim ini
 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2019