Suzuki luncurkan GSX-RR untuk MotoGP musim 2019

Jakarta (ANTARA News) – Team Suzuki Ecstar meluncurkan motor GSX-RR yang akan dikendarai duo pebalap Spanyol Alex Rins dan Joan Mir di balapan MotoGP musim 2019.

“Kami akan memulai musim yang menarik. Tahun lalu kami mengejutkan semua orang dengan progres kami dan kembalinya kami ke posisi podium,” demikian manajer tim Suzuki Ecstar Davide Brivio di laman resmi Suzuki-racing.com pada Minggu.

Setelah istirahat musim dingin, Suzuki Ecstar akan menuju ke Malaysia untuk menjalani tes pertama pada 2019 dengan membawa versi akhir dan livery motor GSX-RR.

Dua musim bersama Suzuki, Alex Rins menjadi pebalap berpengalaman di garasi Suzuki dengan mengantongi 5 podium pada musim 2018.

Sementara Joan Mir akan melakoni debutnya di kasta teratas balapan motor tersebut bersama Suzuki.

“Memiliki Alex Rins bersama kami sangat penting untuk memperbaiki performa tim. Dia memiliki kesegaran mental seorang anak muda, namun juga konsistensi dan pikiran yang bijak dari dua tahun terakhir pengalamannya,” kata Brivio.

Musim ini akan menjadi kali ketiga Suzuki merekrut pebalap rookie. “Kami akan bekerja keras untuk meneruskan tren positif yang kami miliki dengan membawa pebalap-pebalap muda,” kata Brivio.

“Kami percaya dia (Mir) memiliki talenta yang hebat, dan sekarang tergantung tim untuk mengeluarkan potensinya bersama Suzuki GSX-RR,” kata Brivio.
  motor Suzuki GSX-RR. (suzuki-racing.com)

Manajer teknis tim Ken Kawauchi mengatakan motor baru mereka memiliki spesifikasi mesin dan sasis baru. “Kami juga membuat perbaikan di elektronik dan fairing. Ini sesuai dengan filosofi Suzuki, yaitu tidak menghancurkan dan membangun kembali dari nol, namun terus berkembang tahap demi tahap dari apa yang telah kami capai.”

“Bagi kami kemudahan dikendarai untuk motor adalah keharusan, dan atas dasar itu kami telah memperbaiki area di motor itu tanpa mengganggu keseimbangan motor secara keseluruhan,” kata Kawauchi.

Sementara itu Alex Rins, yang terlibat dalam pengembangan motor, mengaku sudah tidak sabar untuk menjajal motor baru mereka.

“Sejauh yang saya tahu perbaikan yang akan kami uji di Sepang tidak akan drastis tapi lebih ke sedikit perbaikan di banyak area. Kami tahu apa kekurangan motor kami, jadi saya percaya R&D di Jepang akan menghasilkan paket yang akan membantu kami untuk lebih baik lagi,” kata Rins.

Sementara itu Joan Mir menyatakan masih butuh banyak jam terbang menggunakan motor Suzuki.

“Ada banyak hal yang harus saya pahami untuk menjadi lebih efektif, tapi saya merasa sangat didukung oleh tim dan saya akan bergantung kepada kekayaan pengalaman mereka untuk menjadi lebih baik,” kata Mir.

Baca juga: Suzuki India luncurkan motor sport Hayabusa 2019

Baca juga: Suzuki GSX150 Bandit, motor harian bermesin 150 cc
  motor Suzuki GSX-RR. (suzuki-racing.com)

Spesifikasi motor GSX-RR

Dimensi
panjang: 2.096 mm
tinggi : 1.140 mm
lebar : 720 mm

Tipe mesin
4-stroke berpendingin air
DOHC 4- valve
silinder 4 sejajar
kapasitas 1000cc

output maksimal: +176 Kw (240PS)
kecepatan maksimal: +340km/jam
girboks: enam percepatan  (seamless system)
tipe Frame: twin spar aluminium
ban depan/belakang: Michelin 17inchi/17inchi
suspensi depan: Ohlins inverted fork
suspensi belaknag: Ohlins
rem (depan/belakang) : carbon/baja Brembo
berat : 157kg

Baca juga: Rossi: Yamaha masih harus bebenah untuk bisa bersaing dengan Suzuki, Honda, Ducati

Baca juga: Empat pebalap pemula warnai MotoGP 2019
 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Monalisa
COPYRIGHT © ANTARA 2019