Tapaktuan Diving Club tanam terumbu karang di Aceh Selatan

Meulaboh, Aceh (ANTARA) – Organisasi Tapaktuan Diving Club (TDC) melakukan penanaman terumbu karang di kawasan perairan laut Desa Lhok Rukam, Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh.

Ketua TDC Aceh Selatan, May Fendri, dihubungi dari Meulaboh, Jum’at, mengatakan, kegiatan tersebut sebagai upaya merehabilitasi terumbu karang yang telah banyak rusak di kawasan lepas pantai daerah setempat.

“Karena karang – karang yang ada di sini sudah pada hancur, maka kita sisip semua dengan yang kita tanam. Jadwal tumbuhnya dalam setahun tidak panjang hanya beberapa centimeter,” katanya.

Dalam pesan tertulis diterima Antara di Meulaboh, disampaikan, bahwa kegiatan tersebut berlangsung selama empat hari dan telah dimulai persiapan dan penjajakan lokasi penanaman pada Kamis 11 April hingga Minggu 14 April 2019.

Di kawasan perairan setempat memiliki panorama alam bawah laut sangat indah dan menarik, apalagi kawasan itu menjadi salah satu kawasan objek wisata bahari yang banyak dikunjungi wisatawan di Kabupaten Aceh Selatan.

“Memang saat kita tanam sekarang, tidak langsung tumbuh tinggi, tapi pada tahun ke empat nanti pasti sudah tinggi dari semua hasil kita tanam saat ini,” imbuhnya.

Penanaman terumbu karang dilakukan di kedalaman tujuh meter dari permukaan laut, seluruh anggota TDC menyelam dengan semua kelengkapannya membawa bahan yang ditanam yang diharapkan tumbuh menjadi terumbu karang alami.

Transplantasi atau pelestarian terumbu karang dengan cara teknik pencakokan penanaman itu untuk pelestarian ekosistem terumbu karang yang saat ini kondisinya terdegradasi.

“Rehabilitasi terumbu karang sangat perlu dilakukan untuk menjaga ekosistem bawah laut. Kegiatan bukan hanya di sini, tetapi di beberapa titik lokasi perairan lain di Aceh Selatan juga kita lakukan untuk pelestarian,” sebutnya.
 

Pewarta: Anwar
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019